foto banjir

Hujan deras yang menyebabkan banjir pada Rabu 11 November 2015 telah merendam rumah warga sebanyak 325 rumah di beberapa titik di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

“Di Lagan Gadang Mudiak dan Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, rumah warga terendam banjir sebanyak 235 unit. Ketinggian air rata-rata sepinggul orang dewasa dari lantai rumah warga, ” kata Muis (52) warga Lagan Gadang Mudiak di Painan.
Meski tidak menimbulkan korban jiwa, setidaknya banjir telah menyebabkan kerugian materil bagi masyarakat di kecamatan itu mencapai ratusan juta rupiah. Selain rumah, banjir juga merusak lahan pertanian masyarakat di Linggo Sari Baganti. Sekitar 25 hektare lahan padi masyarakat mengalami gagal panen di kecamatan itu. Semua benih selesai tanam di lahan tersebut hanyut terbawa air bah.
Banjir yang disebabkan oleh meluapnya Batang Punggasan tersebut telah menyebabkan sebagian warga di Linggo Sari Baganti mengungsi ke rumah warga lainnya karena rumahnya terendam air.
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pesisir Selatan Su’ib Tanjung mengatakan, hujan deras yang terjadi pada Rabu sore telah menyebabkan banjir dan longsor dibeberapa titik di kabupaten itu.
Terkait banjir tersebut hingga kini pemerintah kabupaten (pemkab) setempat belum melakukan langkah penanganan maupun upaya terhadap korban. Tidak saja itu, hingga kini BPBD setempat belum dapat menentukan jumlah kerugian akibat banjir tersebut karena data pasti dari kecamatan yang terkena dampak banjir belum masuk ke BPBD setempat.
Sumber: Antara Sumbar