web7

Kesenian Barongsai merupakan aset yang bisa dikembangkan sebagai sebuah destinasi wisata bidang budaya untuk menarik wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Seni budaya ini merupakan sebuah kekayaan dari keanekaragaman etnik yang ada di Sumbar dan bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata,” kata Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat membuka Kejuaraan Daerah Barongsai tingkat Sumbar di kawasan Pondok, Padang, Minggu 24/7/2016.

Ia mendorong segala bentuk kesenian dan budaya yang bisa menarik wisatawan untuk dikembangkan.

Ia optimis, dengan kemasan yang bagus, wisatawan akan tertarik untuk menikmati beragam seni budaya yang ada di Sumbar, termasuk barongsai. Dan berharap, kejuaraan Barongsai itu bisa menjadi pemersatu etnis Tionghoa dengan masyarakat pribumi di Sumbar untuk bersama-sama membangun daerah.

Selain Kejurda Barongsai, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penataran juri dan pelatih nasional. Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 22-24 Juli 2016.

Ketua Umum FOBI Sumbar, Iswanto Kwara mengatakan, kegiatan tersebut selain untuk meningkatkan rasa persatuan dan persahabatan diantara perkumpulan Barongsai dan Naga di Sumbar, sekaligus juga untuk mempersiapkan atlet Barongsai dan Naga menghadapi PON XIX tahun 2016.

Sumber : AntaraSumbar.com