web2

Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Sumatera Barat (Sumbar), melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) melakukan inovasi berbasis teknologi informasi yang memungkinkan masyarakat membayar pajak dimana saja di provinsi itu tanpa dibatasi daerah administrasi.
“Dulu kendaraan asal Padang harus bayar pajak di Padang, demikian juga dengan kabupaten dan kota lain di Sumbar. Harus bayar di daerah kendaraan itu terdaftar. Sekarang tidak lagi, dengan Samsat Anywhere bisa bayar di mana saja asal masih dalam satu provinsi,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Sumbar, Zaenuddin.
Ia mengatakan layanan unggulan Samsat tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat Sumbar. Selain layanan Samsat Anywhere juga meluncurkan pembayaran pajak melalui ATM Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau lebih dikenal dengan nama Bank Nagari yang telah terkoneksi dengan sistem Samsat.
Selain itu, ia menyebutkan, bahwa sejak tahun 2011, Samsat Sumbar sudah berupaya menyempurnakan pelayanan dengan berbagai teknologi informasi terbaru. Tak hanya itu, teknologi informasi ini sudah ada di seluruh kantor Samsat yang ada di Sumbar, sehingga seluruh laporan akan tercatat dengan cepat, sehingga dengan teknologi itu lebih mempermudah pengoperasian Samsat Keliling. Samsat juga telah meningkatkan manajemen mutu, dibuktikan dengan sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015 pada tahun 2016 ini.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan adanya Samsat Anywhere dan ATM akan dapat menambah pemasukan pajak dan pendapatan, karena masyarakat telah dipermudah untuk membayar pajak.
Sumber : AntaraSumbar.com