web3

Puluhan Bunga Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Rhizanthes Deceptor tumbuh di beberapa lokasi di hutan Batang Palupuah, Nagari Koto Rantang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan saat ini dua jenis bunga Rafflesia ini belum mekar dan kemungkinan seminggu lagi akan mekar.
Pada Januari 2017, dua jenis Bunga Rafflesia ini sedang mekar di beberapa lokasi di hutan Paulupuh dengan jarak sekitar satu kilogram dari akses jalan. Ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan cara jalan kaki dan jarak lokasi ke Kota Padang sekitar 130 kilometer. Saat bunga itu mekar, jumlah kunjungan sekitar puluhan sampai ratusan orang per hari. Pada umumnya, wisatawan ini berasal dari mancanegara seperti, Australia, Jerman, Inggris dan lainnya.
Selain menyosialisasikan bunga itu, gerbang masuk ke lokasi juga sudah dibangun tempatnya di ruas jalan Bukittinggi menuju Pasaman. Lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agam juga membentuk kelompok sadar wisata dalam melayani pengunjung.
Rafflesia Arnoldii yang memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Bunga menjadi satu-satunya bagian tumbuhan yang terlihat dari Rafflesia Arnoldii, karena tidak adanya akar, daun dan batang. Satu bunga terdiri atas lima kelopak kasar yang berwarna oranye dan berbintik-bintik dengan krim berwarna putih.
Pada saat bunga mekar, diameternya dapat mencapai 70 hingga 110 centimeter dengan tinggi mencapai 50 centimeter dan berat hingga 11 kilogram. Sedangkan Bunga Rafflesia Rhizantes Deceptor atau biasa dikenal dengan nama Rafflesia Bintang ini merupakan sepupu Rafflesia Arnoldii, termasuk dalam daftar puspa langka dunia yang terancam punah. Bunga ini berwarna putih dengan kombinasi garis tipis berwarna merah kecokelatan. Ukurannya dalam kondisi mekar sempurna memiliki diameter 15-27 centimeter.
Keunikan Rafflesia jenis ini bila dibandingkan dengan anggota marga Rafflesia lainnya adalah ukuran lebih kecil, bentuk dan jumlahnya serta ukuran daun perigonnya berbeda dengan Rafflesia. Bunga ini dapat ditemukan di hutan tropis Sumatera pada ketinggian 500-700 meter dari permukaan laut.
Sumber : AntaraSumbar.com