web4

Sebanyak enam sekolah di Kota Padang, Sumatera Barat meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2016 yang diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo, di Kabupaten Siak, Jumat 22/7/2016.

“Keenam sekolah yang meraih penghargaan tersebut yakni SD dan SMK Semen Padang, MTSN Parak Lawas, SDN 03 Alai, MTSN Koto Tangah, dan SMPN 11,” kata Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad.

Dia menyebutkan keenam sekolah di Padang bersama sekolah lainnya mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri karena dinilai telah menerapkan sistem pengelolaan sekolah berwawasan lingkungan. Artinya semua sekolah tersebut telah menerapkan pola hidup dalam sekolah seperti sistem hijau ramah lingkungan, kafe ramah lingkungan dan kebersihan lainnya. Di samping itu secara pengelolaan sekolah juga mendekati kategori hijau yakni mampu menghemat pengeluaran sampah bahkan mampu mendaur ulang sampah.

Seperti yang telah dilakukan oleh SMPN 11 yang memiliki kegiatan Ilmiah yang juga berprestasi nasional, serta pengelolaan sampah yang baik. Kemudian di SD Semen Padang memiliki kafe hijau yang sehat dan ramah lingkungan.

Keempat hal tersebut yakni telah mengembangkan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, serta pengelolaan sarana pendukung sekolah efisien dan efektif.

Dia berharap ke depan akan bertambah jumlah penerima sekolah Adiwiyata Mandiri di Padang. Dengan catatan telah memenuhi jenjang sekolah adiwiyata mulai dari kabupaten dan kota, provinsi, nasional dan mandiri.

Sumber : AntaraSumbar.com