family trip

Sahabat Boos, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) Oni Yulfian menilai Familiarization Trip (Fam Trip) atau perjalanan wisata cukup efektif untuk mempromosikan potensi keindahan destinasi serta seni budaya daerah pada kalangan tertentu.

Karena itu menurutnya peserta fam trip memang harus benar-benar memenuhi kriteria memiliki jejaring yang luas untuk menyebarkan informasi tentang wisata Sumbar seperti jurnalis, blogger, travel agen atau perwakilan kedutaan.

Jejaring itu menjamin promosi wisata melalui kegiatan fam trip berjalan secara maksimal sehingga target kedatangan wisatawan bisa tercapai.

Terakhir menurut Oni, ada sejumlah jurnalis, travel agen dan Kedutaan Besar Kesultanan Oman yang mengikuti kegiatan fam trip di Sumbar selama satu minggu.

Kegiatan itu dikoordinir oleh DPD ASATI Sumbar dengan mengajak peserta mengunjungi sejumlah destinasi dan potensi pariwisata di sejumlah kabupaten dan kota di provinsi itu.

Diharapkan Sumbar yang juga mengusung wisata halal akan lebih dikenal di Oman bahkan Timur Tengah secara umum.

Oni menyebut peserta fam trip dari Oman terkesan dengan kontur alam Sumbar yang dihiasi lembah, bukit dan pegunungan yang hijau indah.

Mereka juga terkesan dengan wisata pulau yang menyajikan laut jernih dan pulau yang terawat.

Sahabat Boos, sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan potensi wisata daerah itu lengkap dari dasar laut hingga puncak gunung, dari destinasi hingga seni budaya dan kuliner sehingga bisa merangkul semua minat dari wisatawan.

Pemprov Sumbar menurutnya aktif untuk mempromosikan itu melalui berbagai kegiatan, salah satunya fam trip maupun menjadi tuan rumah bagi acara level nasional atau internasional.

Irwan bahkan menyatakan siap menyambut dengan “gala diner” di istana gubernuran untuk promosi seperti itu.

 

Sumber : ANTARA SUMBAR