Ini keunggulan menggunakan benih bersertifikat

Gambar terkait

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mendorong petani setempat untuk menggunakan benih padi unggul bersertifikat guna meningkatkan produksi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Solok Selatan Nurhamidah,  mengatakan pada 2017 baru 118.754 kilogram benih bersertifikat yang digunakan petani sedangkan sisanya 425.415 kilogram lagi benih unggul tetapi tidak memiliki sertifikat.
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan tahun ini akan menyalurkan 25 ton benih bersertifikat yang bersumber dari APBN bagi kelompok tani kabupaten itu.
Selain itu melalui APBD juga ada bantuan benih bersertifikat bagi kelompok cetak sawah baru 2017 sebanyak 1.625 kilogram.
Solok Selatan saat ini memiliki lima kelompok penangkar benih dengan jenis padi yang dikembangkan Junjuang dan Bawaan.
Benih yang disediakan lima penangkar ini memang belum bisa memenuhi kebutuhan Solok Selatan sehingga benih jenis lain seperti anak daro, cisokan, caredek masih didatangkan dari Kabupaten lain.
Kebiasaan petani di Solok Selatan , menanam padi dari bibit yang sama berulang-ulang sehingga mempengaruhi produksi mereka.
Selain itu sulit dan mahalnya benih berkualitas menyebabkan petani kurang berminat untuk menggunakan benih bersertifikat.
Di Solok Selatan saat ini juga sudah ada nagari mandiri benih di Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.
Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, tahun ini menargetkan produksi padi sebesar 158.800 ton naik sebesar 6.609 ton dibandingkan 2017 yang hanya 152.191 ton.
Sedangkan produksi gabah kering Solok Selatan pada 2017 hanya mencapai 97,08 persen atau sebanyak 147.747 ton dari target 152.191 ton.
Untuk target tanam dan panen pada 2017 juga tidak tercapai dimana target tanam seluas 27.773 hektare sementara realisasinya hanya 27.342 hektare, atau 98,45 persen.
Sedangkan panen ditargetkan seluas 27.762 hektare hanya tercapai 27.330 hektare atau hanya 98,44 persen.

Sumber: Antarasumbar.com

Related Posts

BOOS FM Artikel

Asian Games – Usai terima bonus Rp1,5 miliar, Defia dihadiahi apartemen

BOOS FM Artikel

Pasar Raya Padang Fase I-VII akan dipercantik

BOOS FM Artikel

Ruang terbuka hijau Jembatan Ratapan Ibu Payakumbuh disiapkan jadi objek wisata

BOOS FM Artikel

Solok Selatan kembangkan bawang putih pertama kalinya

BOOS FM Artikel

Padang Panjang jadikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran masyarakat

BOOS FM Artikel

Budidaya kapulaga di Solok Selatan belum tersentuh program pemerintah