1

Jembatan darurat Batang Kalu ke dua di 2×11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi, Sumatera Barat mulai memasuki tahapan uji coba.

“Tahap uji coba ini hanya untuk kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang,” kata Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho di Parit Malintang, Selasa 22-1-2019. Sedangkan kendaraan dari arah Padang masih menggunakan jembatan darurat yang pertama. Posisi jembatan tersebut berada di sebelah kanan jembatan darurat pertama dari arah Kota Padang. Kekuatan daya tahan jembatan darurat kedua tersebut lebih baik dari jembatan darurat yang pertama yaitu hingga 14 ton sedangkan yang sebelumnya hanya 12 ton.  Jika lebih dari itu, kendaraannya kita arahkan ke jalur lain. Jika jembatan tersebut lulus tahap uji coba maka kendaraan sudah bisa melewatinya namun pengendara tetap diminta hati-hati ketika melintasinya.

Sebelumnya Jembatan Batang Kalu di Kecamatan 2×11 Kayu Tanam ambruk setelah dihantam derasnya arus sungai menghantam sarana transportasi itu. Untuk mengantisipasi putusnya akses transportasi antara Padang dengan Bukittinggi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan darurat di atas jembatan ambruk.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan setelah jembatan darurat tersebut dibangun pihaknya akan mengurus bebas lahan di sisi jembatan itu untuk membangun jembatan sementara yang lebih kuat.

Sumber : AntaraSumbar.com