FOTO1
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengimbau kepada seluruh kepala daerah di provinsi itu untuk bisa memanfaatkan dan memaksimalkan potensi pariwisata yang ada. Pemerintah Provinsi sudah meminta kepada seluruh kabupaten dan kota di Sumbar untuk membuat rencana induk pembangunan dan pengembangan objek wisata di daerah masing-masing.
Ia menambahkan, jika Kabupaten Padang Pariaman mengajukan rencana induk pengembangan pariwisata seperti yang diminta oleh pemerintah provinsi maka kawasan Pantai Arga yang terletak di Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan, bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata Sumbar terbaru.
Meskipun demikian, pengajuan yang dilakukan oleh setiap daerah harus memiliki standar dan kriteria tertentu sehingga bantuan atau dana yang dikucurkan bisa berdaya guna bagi daerah tersebut. Jika kawasan yang diajukan lolos pada tahap tersebut maka pemerintah provinsi akan membantu sebanyak 40 persen dari total keseluruhan biaya pengembangan objek wisata. Oleh karena itu setiap kepala daerah diminta secepatnya untuk bisa memanfaatkan bantuan pengembangan kawasan wisata yang akan dicairkan secara bertahap.
Lebih jauh dikatakanya bantuan 40 persen tersebut lebih kepada bantuan hibah atau pembangunan bukan berupa pergelaran atau event sehingga pembangunan kawasan lebih cepat terealisasi. Nasrul menyebutkan untuk saat ini pemerintah provinsi sedang berusaha untuk bisa masuk 10 besar ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.
Selanjutnya Pemerintah Provinsi juga tengah berupaya bagaimana membawa dan membujuk para pelancong untuk lebih lama di Sumbar untuk menikmati kawasan objek wisata yang ada di berbagai daerah.
Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyebutkan daerah yang dipimpinnya akan berusaha secepatnya untuk mengajukan berbagai rencana induk pengembangan objek wisata di daerah itu.
Menurut dia, Pantai Arga yang terletak di Kabupaten Padang Pariaman sangat potensial sekali untuk dikembangkan bagi dunia pariwisata. Hal itu diperkuat saat ini pantai tersebut telah memiliki Dermaga mini yang diperuntukkan bagi kapal-kapal kecil nelayan setempat. Selain itu pihaknya juga akan berupaya bagaimana para pelancong yang datang ke daerah tersebut agar tidak bosan atau jenuh dengan objek yang ada.
Sumber : AntaraSumbar.com