foto2

 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menghadiri pencanangan gerakan tanam padi serentak di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, sekaligus penetapan target panen padi nasional 2016 sebesar 78 juta ton.
“Alhamdulillah hari ini semua petani kita di seluruh Indonesia melakukan gerakan penanaman padi serentak guna secara bersama-sama mewujudkan swasembada pangan pada 2017,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Nagari Sungai Buluah, Padangpariaman, Selasa 22 Desember 2015.

Ia mengatakan sejak dimulainya program swasembada pangan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2014, setiap tahun terjadi kenaikan produktivitas padi secara nasional rata-rata sebesar 5,28 persen. Dengan luas lahan pertanian kita mencapai 14,8 juta hektare dengan dua kali masa panen dalam setahun, maka kita optimistis target panen padi nasional sebesar 78 juta ton pada 2016 akan tercapai, bahkan bisa terlampaui.
Dikatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian selalu memberikan bantuan pupuk maupun peralatan pertanian modern berupa mesin hand tractor kepada para petani, agar mereka bisa memacu produktivitas padi guna mewujudkan swasembada pangan nasional 2017.
Kementan juga fokus meningkatkan kualitas dan keilmuan tata cara bercocok tanam kepada petani dengan memperbanyak tenaga penyuluh dalam melakukan pendampingan, serta pelatihan kepada para petani terutama pada musim tanam.
Sementara itu Pj Bupati Padangpariaman, Rosnini Savitri mengatakan pada Desember ini merupakan waktu yang tepat bagi pemerintah pusat untuk mencanangkan gerakan tanam padi serentak, dimana saat ini musim hujan sedang berlangsung.
Selain itu tambah Rosnini Savitri, Padangpariaman pada 2015 juga menerapkan program khusus di bidang pertanian untuk meningkatkan jumlah produksi pangan strategis seperti jagung, kedelai, singkong, dan lainnya guna membantu pemerintah pusat dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.
Ia memaparkan tahun ini di sektor pertanian Padangpariaman sudah menerapkan tanam padi jajar legowo dengan luas lahan mencapai 2.500 hektare.
Sumber : AntaraSumbar.com