Hasil gambar untuk Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat  mengingatkan komite sekolah agar tidak memungut pungli dengan alasan pendanaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada April 2018.
Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Adel Wahidi  menilai  tindakan komite bersama sekolah yang meminta uang pada orang tua untuk keperluan pendirian tower jaringan internet merupakan sesuatu yang dipaksakan dan tidak perlu dilakukan oleh pemangku kepentingan di sekolah.
Padahal, Permendiknas Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah tegas melarang pungutan, komite sekolah dapat melakukan penggalangan dana, tapi hanya boleh dalam bentuk sumbangan, bukan pungutan,
Ia mngtkan pungutan yang dimaksud adalah penarikan uang oleh sekolah kepada peserta didik yang bersifat mengikat, jumlah dan jangka waktu pemungutannya ditentukan.
Ia juga mngtkkan  jika kekurangan komputer atau jaringan, maka pemerintah provinsi, kabupaten dan kota mesti membantu atau bertanggung jawab, bukan orangtua.
Adel berharap Tim Saber Pungli yang terbentuk diberbagai daerah peka dan cepat tanggap terhadap persoalan tersebut
Adel Wahidi   mngtkan/ masyarakat dapat melaporkan jika ada temuan kepada Ombudsman melalui telepon 0751-892521, pesan WhatsApp (WA) pada nomor 0812 1 3737 70, melalui layanan pengaduan Ombudsman RI 137, atau datang lansung ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, di jalan Abdullah Ahmad Nomor 7 Padang.

Sumber: Antarasumbar.com