2

 

Pemerintah Kota Padang, Sumbar segera menyediakan perpustakaan umum sebagai penguat minat baca masyarakat sekaligus sarana penunjang sebaran informasi serta komunikasi.

“Ini merupakan perpustakaan kota Padang yang akan dilengkapi fasilitas penunjang komunikasi dan informasi bagi masyarakat,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Muji Susilawati di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan perpustakaan ini segera diluncurkan akhir tahun ini dan berlokasi di GOR Agus Salim yang dinilai strategis bagi pengunjung.

Selain akan diisi oleh ribuan buku dari berbagai bidang, pustaka tersebut akan dilengkapi sistem dalam jaringan serta sarana prasarana lainnya.

Secara terintegrasi masyarakat disuguhkan beragam informasi dengan membaca secara konvensional serta dalam jaringan dari berbagai sumber.

“Ini menjadi langkah kecil pemkot dalam meningkatkan minat baca,” ujarnya.

Selain membangun pustaka umum, pemkot juga mendorong penguatan perpustakaan di semua sekolah khususnya tingkat SD dan SMP.

Sejauh ini selain melakukan pembinaan dan pembimbingan kepada tenaga pustaka atau pustakawan, pihaknya juga akan menginventarisasi kelayakan perpustakaan pada sekolah.

Menurutnya salah satu rendahnya minat baca di kalangan masyarakat semisal siswa yakni tidak representatifnya tempat.

Selain tentunya ragam buku yang disediakan minim serta dapat diakses dengan sistem dalam jaringan.

Untuk itu kata Muji, membutuhkan upaya melakukan penataan dan inovasi pada perpustakaan yang dalam hal ini dapat diinisiasi oleh pustakawan.

Tentunya sistem yang ditata disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan teknologi yang ada saat ini.