web3

Memakai seragam pramuka, tiga murid kelas 6 SDN 05 Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, tampak malu-malu memasuki Aula Rumah Dinas Bupati, di Kawasan Labuah Basilang, Kota Payakumbuh pada hari Selasa (25/10/2016).

Mereka datang ke rumah dinas bupati, karena diundang khusus oleh Ketua TP PKK Limapuluh Kota Ny Monalisa Irfendi Arbi.

“Inilah tiga koki cilik yang berhasil meracik pongek balimpik, hingga juara dua nasional,” kata Monalisa, sembari memeluk ketiga bocah tadi.

Usai memeluk ketiganya, Monalisa mulai memperkenalkan satu per satu. Mereka adalah Gina Raudhatul Jannah, Nevita Triwulandari dan Nofita Triwulansari. Ketiga anak-anak hebat ini juara 2 nasional dalam lomba memasak masakan tradisional. Lomba tersebut digelar oleh PT Japfa Comfeed , salah satu perusahaan agri-Food terintegrasi di Indonesia itu.

Dalam kesempatan itu, Monalisa dan pengurus IKABOGA, meminta kebolehan Gina, Nevita dan Nofita Triwulansari, untuk meracik pongek balimpik, masakan tradisional Limapuluh Kota. Pongek balimpik ini, terbuat dari bahan daun singkong yang bahagian pucuknya serta beberapa ekor ikan. Dengan telaten, ketiga bocah mencoba memarut kelapa untuk dijadikan santan. Beberapa lama kemudian, mereka menaburi kelapa sangrai dan menyulap bahan tadi jadi gulai.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang membuka kegiatan tersebut, mengaku jika Luak Nan Bungsu, memiliki banyak makanan tradisional. Selain Pongek Balimpik yang juara nasional, juga tak kalah enaknya randang bilis, minuman kawa, teh gambir dan lainnya.

“Kita berharap Ikaboga menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang boga dan jasa boga. Sebab, beragam potensi kuliner itu jika dikelola dengan baik dipastikan akan memiliki nilai tambah dan diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat,” tutur Bupati.

Irfendi meminta guru SDN 05 Taram, Kecamatan Harau, memberikan reward nyata kepada tiga murid yang berprestasi dalam dunia masak memasak itu.

Sumber : HarianSinggalang.co.id