web3

Ratusan pedagang kaki lima (pkl) Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan agar pemerintah mempercepat penyelesaian pembangunan gedung inpres III dan IV .

Salah seorang pedagang kaki lima di Pasar Raya Kota Padang, Nia mengatakan mereka semua berharap bangunan tersebut cepat selesai. Kesulitan pada saat sekarang ini yakni sempitnya lokasi tempat berdagang yang ditempati. Akibatnya dirinya kesulitan menata dagangannya yang jumlahnya cukup banyak. Dampaknya dagangan terpaksa sedikit demi sedikit dikeluarkan dan pembeli kesulitan untuk memilih.

Senada, pedagang lain , Ilal (44) menyampaikan agar pembangunan tersebut selesai sesuai jadwal pada awal tahun depan. Menurutnya hal ini penting sebab relokasi sementara saat ini tidak cukup representatif untuk berdagang.

Pedagang lain Budi (36), yang biasa berjualan ikan basah juga berharap pembangunan inpres cepat selesai dan pedagang memperoleh tempat yang representatif. Pentingnya kios bagi pedagang ini terutama saat hujan dan cuaca terik, sebagai gambaran pada lokasi berjualan saat ini di sekitar Jalan Sandang Pangan pada hari hujan dirinya kesulitan berjualan akibat tidak adanya atap peneduh.

Pedagang pasar raya lain yang ditemui di Kecamatan Kuranji  juga berharap penyelesaian bangunan pasar tersebut dapat memenuhi keinginan pedagang. Beberapa keinginan pedagang seperti tempat yang strategis bagi pembeli, kios yang memadai untuk menyimpan dagangan dan persediaan, kemudian kenyamanan suasana dan jaminan kebersihan, diharapkan dapat dipenuhi oleh pemerintah.

Disamping itu juga penataan terkait jalur distribusi dan transportasi agar lebih lancar, jika perlu ada penertiban tempat mangkal angkutan kota dan parkir yang selama ini menyusahkan pedagang dalam mendistribusikan bahan dagangannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Kota Padang, Endrizal, menyebutkan setelah menyelesaikan inpres I dan II beberapa waktu lalu penyempurnaan dari pembangunan gedung Inpres III dan IV mulai dilakukan. Sebagai langkah awal pihaknya secara bertahap mulai merelokasi pedagang yang berjualan mulai dari Simpang Kandang hingga sekitar Inpres III dan IV. Saat ini pembangunan inpres tersebut dalam tahap pembangunan petak kios serta tempat parkir, ditargetkan gedung tersebut dapat dioperasikan pada April 2017 mendatang.

Sumber : AntaraSumbar.com