web4

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat, mengukur suhu tubuh pada setiap pengunjung untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Direktur Utama RSUP M Djamil Padang Yusirwan Yusuf mengatakan mengukur suhu menggunakan alat termometer infrared. Termometer infrared merupakan alat pengukuran yang akurat. Alat ini hampir sama dengan termometer scanner.

Pengukuran tersebut akan dilakukan di beberapa titik yaitu di ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD), di ruangan poli rawat jalan, pintu masuk utama RSUP M Djamil, dan ruangan embun pagi (VVIP). Untuk saat ini kita masih menggunakan lima alat dan berkemungkinan ke depan akan ada penambahan alat.

Ia mengatakan ciri-ciri pasien yang dicurigai COVID-19 yaitu mengalami sesak napas, batuk, dan suhu tubuhnya di atas 37,5 celsius. Setelah dilakukan pemeriksaan pada pengunjung, kemudian jika ada yang dicurigai, maka langsung dilakukan perawatan sesuai ketentuan. Ia berharap agar pengunjung tidak terkejut jika dilakukan pemeriksaan suhu tubuh tersebut. Karena pemeriksaan itu bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Sumbar, khususnya di lingkungan RSUP M Djamil Padang.

Akan tetapi ia mengimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada terhadap penularan COVID-19 dengan cara menjaga pola hidup sehat dan bersih. Yaitu dengan cara menjaga pola makan yang sehat dan bergizi, kemudian selalu mencuci tangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan COVID-19.

 

Sumber : AntaraSumbar.com