web1

Sebanyak 13.734 siswa sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Kota Padang, Sumatera Barat, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 4 hingga 7 April 2016.
“Untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berjumlah 7.753, Madrasah Aliyah (MA) 1.107 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4.874 jadi totalnya 13.734,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan (Disdik) Padang, Fauzil Mahfus di Padang.
Ia menambahkan UN dilaksanakan pada 4 hingga 7 April 2016 dan UN susulan akan dilaksanakan pada 11 hingga 14 April 2016. Sementara untuk ujian perbaikan akan dilaksanakan pada Oktober 2016, dan tanggal pelaksanaannya belum dipastikan. Ujian susulan yang dimaksud diperuntukkan bagi siswa yang nilai UN nya kurang dari 5,5 yang ditetapkan sebagai standar nasional.
Ia mengatakan ada perbedaan mencolok antara pelaksanaan UN tahun ini dengan tahun sebelumnya dimana UN tahun ini tidak lagi dijadikan sebagai patokan kelulusan siswa. Jadi faktor penentu kelulusan ditentukan oleh pihak sekolah dengan menilai beberapa aspek diantaranya penyelesaian pelajaran, sikap dan nilai ujian sekolah.
Ia mengatakan dengan adanya sistem baru ini diharapkan UN tidak menjadi beban lagi bagi siswa namun hanya sebagai media untuk mengukur sejauh apa kemampuan yang bersangkutan. Ia juga mengimbau orang tua siswa agar tidak memaksa dengan memberikan target harus lulus namun tetap melakukan pengontrolan jam belajar sehingga siswa tidak terbebani.
Sumber: AntaraSumbar.com