20150915antarafoto-angin-kencang-pekanbaru-150915-rm-1

Sebanyak sembilan unit rumah semi permanen rusak akibat puting beliung di Jorong Lubuk Alung, Kenagarian Bawan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada hari Kamis 29 Oktober 2015 sekitar 17:15 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito, didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Yunaidi mengatakan, angin puting beliuang yang datang secara tiba-tiba tersebut tidak mengakibatkan adanya korban jiwa. Namun pemilii rumah mengalami luka ringan atas nama Adnofrizal (30), Samsiar (40), Bujan Remon (45), Baini(60). Mereka ini mengalami luka akibat reruntuhan rumah tersebut. Dan saat ini korban sudah dievakasuai ke rumah tetangga tidak jauh dari lokasi. Kini,  instansi terkait dan Camat Ampek Nagari sedang melakukan pendataan kerugian akibat bencana ini.

Salah seorang warga, Bujang Remon, mengatakan sekitar pukul lima sore turun hujan deras sekitar beberapa menit. Setelah itu datang angin puting beliung cukup kencang yang merusak sembilan unit rumah semi permanen.

Dengan kejadian ini, Bambang Warsito mengimbau masyarakat agar waspada dengan cara menghindari bangunan dan pohon saat angin puting beliung melanda daerah itu, sehingga tidak terjadi korban jiwa. Ini merupakan angin puting beliung kedua melanda Agam pada 2015, karena beberapa waktu lalu angin puting beliung juga melanda Lubuk Basung.

Sumber : AntaraNews.com