Gambar terkait

Pemerintah Sumatera Barat menargetkan 50 sekolah meraih penghargaan adiwiyata tingkat provinsi pada 2018 sebagai bentuk partisipasi dunia pendidikan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.
Menurutnya 50 sekolah itu mulai dari SD, SMP, dan SMA baik negeri maupun swasta di Sumbar.

Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan tim untuk penyeleksian sekolah yang akan direkomendasikan bupati dan wali kota di Sumbar.
tujuan dari program adiwiyata ialah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.
Sehingga, tambahnya sekolah tersebut turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup serta pembangunan berkelanjutan.
secara umum ada empat kriteria yang dinilai pada sekolah adiwiyata, yaitu kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kurikulum yang mengaitkan antara mata pelajaran dengan lingkungan.
Selanjutnya partisipasi sekolah dalam mengikuti kegiatan lingkungan hidup dan sarana prasarana yang ada di sekolah seperti tempat sampah pilah, alat pengomposan, apotek hidup, taman sekolah.
Kemudian untuk 2017 sekolah yang meraih adiwiyata di Sumbar, sebanyak 86 sekolah atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 79 sekolah.

Sumber: Antarasumbar.com